KONSEP MANAJEMEN
Manajemen adalah sietem untuk mengatur perencanaan dalam suatu organisasi agar berjalan sesuai yang di inginkan bersama. Fungsi manajemen adalah berbagai jenis tugas/kegiatan manajemen yang mempunyai peran khas dan bersifat saling menunjang untuk mencapai tujuan.
Adapun fungsi-fungsi utama dalam konsep manajemen antara lain :
1. Perencanaan ( Planning)
Proses membuat strategi untuk mencapai suatu tujuan. Perencanaan sendiri mempunyai proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain tidak akan berjalan.
2. Pengorganisasian ( Organizing)
Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan teknik yang telah dirumuskan di dalam perencanaan di desain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh.
3. Pengarahan ( Actuating/ Directing)
Proses dimana seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran yang tinggi.
4. Pengawasan ( Controlling)
Proses untuk memastikan apakah seluruh rangkaina kegiatan yang telah direncanakan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan.
Tadi kita sudah mengetahui pengertian dari manajemen beserta fungsinya, nah sekarang kita akan membahas apa itu manager dan manajerial. Mungkin seluruh rakyat sudah tak asing lagi dengan kata manager dan manajerial, tapi tahukah mereka apa arti dari manager dan manajerial itu sendiri ? Mari kita simak penjelasan yang telah saya ringkas tentang manager dan manajerial.
MANAGER DAN MANAJERIAL
Manager adalah seorang yang berpengalaman, berpengetahuan dan keterampilannya di akui oleh organisasi untuk memimpin, mengatur, mengelola, mengendlikan dan mengembangkan kegitan organisasi dalam rangka mencapai tujuan. Contoh : Presiden dan wakil presiden.
Tingkat Manager
Pada oganisasi struktur tradisional, manajer sering dikelompokan menjadi manager puncak, manager menegah dan manager lini pertama.
1. Manajemen lini pertama ( First line management )
Dikenal pula dengan istilah manajemen oprasional, merupakan manajemen tingkat paling rendah yang berfungsi memimpin dan mengawasi karyawan non-manajerial yang terlibat dalam proes produksi. Contoh: Supervisior
2. Manajemen tingkat menengah ( Middle management)
Mencangkup semua manajemen yang berada diantara manajemen lini pertama dan manajemen puncak dan bertugas sebagai penghubung antar keduanya. Contoh : Kepala bagian, Manajemen pabrik.
3. Manajemen puncak ( Top management )
Bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarah jalannya perusahaan. Contoh : CEO, CIO dan CPO
Manajerial adalah Keterampilan manajerial berkaitan dengan manajer. Keterampilan yang tinggi sangat diperlukan bagi setiap pemimpin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar