Rabu, 12 Maret 2014

ORGANISASI DAN METODE

Assalamualaikum.wr.wb

     Mungkin anda sudah tak asing lagi dengan kata "ORGANISASI" kan ? Apa itu organisasi ? Organisasi adalah tempat atau wadah yang di dalamnya berisi sekelompok orang dua atau lebih yang masing-masing individu tersebut saling bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan metode adalah suatu tata kerja atau prosedur yang di tempuh untuk mencapai tujuan tertentu.

Organisasi dan metode mempunyai beberapa maksud yaitu :

  • Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja setepat-tepatnya
  • Organisasi dan metode penting bagi kegiatan manajemen
  • Organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia
  • Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efesiensi kerja untuk mencapai tujuan

Ciri-ciri organisasi :
  • Adanya komponen (atasan dan bawahan)
  • Adanya kerjasama (cooperatif yang berstruktur dari sekelompok orang)
  • Adanya sasaran
  • Adanya keterikatan dan tata tertib yang harus ditaati
  • Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas

Unsur organisasi yang paling dasar :
  • Harus ada wadah atau tempatnya untuk bekerja keras
  • Harus ada orang-orang yang bekerjasama
  • Kedudukan dan tugas masig-masing orang harus jelas
  • Harus ada tujuan bersama yang harus dicapai


Pengalaman saya dalam organisasi


     Dari saya Sekolah Dasar hingga saya SMA, saya sama sekali tidak pernah mengikuti organisasi. Ingin rasanya mengikuti organisasi, tetepi saya takut tidak bisa membagi waktu dan takut mengganggu jam belajar saya. Nah... di Universitas Gunadarma inilah yang membuat saya memberanikan diri untuk bergabung di dalam organisasi jurusan saya yang sudah di kenal dengan sebutan "HIMMI" ( Himpunan Mahasiswa Manajemen Informatika). Banyak ilmu yang bermaanfaat setelah saya mengikuti organisasi ini. Di sini kita bisa mempraktikan cara sidang secara langsung, kita dapat sharing-sharing dengan senior dan alumni, mendapatkan tips bagaimana berbicara di depan umum (public speaking), membuat surat dll. Saya bergabung di organisasi ini, untuk lebih mengetahui lebih dalam lagi apa itu organisasi.

Sekian yang dapat saya tulis bila ada kesalahan kata-kata dalam penulisan mohon dimaklumi.
Wassalamualaikum wr.wb





Referensi : 



     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar